SENAM OTAK MENINGKATKAN ASPEK KOGNITIF MAHASISWA

Wahyu Nur Pratiwi, Paramita Ratna Gayatri

Abstract


Latar belakang: Aspek kognitif merupakan salah satu aspek yang dinilai dalam evaluasi pembelajaran. Aspek kognitif ini dinilai dari ujian tertulis maupun ujian lisan. Fungsi jasmani, kognitif dan kesiapan (ditandai dengan fungsi konsentrasi), dapat ditingkatkan dengan jalan melakukan Senam Otak. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Senam Otak terhadap peningkatan aspek kognitif mahasiswa. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian Pre-experimental dengan pre-test post-test with control group, dimana 21 subjek dalam kelompok kontrol dan 22 subjek dalam kelompok perlakuan. Penelitian dilakukan selama 3 bulan, dimana subjek perlakuan melakukan senam otak sebelum dimulainya perkuliahan mata kuliah Fisiologi. Hasil: Hasil Penelitian menunjukkan kedua kelompok mengalami peningkatan signifikan pada nilai post test. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji Paired ttest kelompok kontrol (C) ρC=0,02 dan perlakuan (T) ρT=0,00. Meskipun kedua kelompok menunjukkan peningkatan nilai post tes, akan tetapi hasil uji statistik menggunakan uji Anova menunjukkan adanya perbedaan signifikan pada nilai post test kedua kelompok (ρ=0,03). Simpulan dan saran: Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Senam Otak berpengaruh terhadap nilai akademik mahasiswa. Harapan setelah ditemukannya hasil penelitian ini, Senam Otak dapat diterapkan pada mahasiswa untuk mengawali perkuliahan lain agar dapat meningkatkan aspek kognitif mahasiswa secara keseluruhan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.