PENINGKATAN SARANA BELAJAR MADRASAH DINIYAH AWALIYAH RAUDHATUL JANNAH DI DESA MEKAR SAWIT KECAMATAN SAWIT SEBERANG KABUPATEN LANGKAT

Amriza -, Amran Harun, Selfi Afriani Gultom

Abstract


Program pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan wajib bagi dosen dan pada program ini mitra tim adalah Ibu Jumiati yang mengelola MDA Raudhatul Jannah. Setelah melakukan survey dan wawancara dengan Ibu Jumiati maka permasalahan yang dihadapi madrasah adalah meja dan kursi yang bolong dan goyang, jumlah yang tidak cukup. Murid sering berkongsi duduk sehingga belajar tidak nyaman. Jumlah murid yang mencapai 110 orang dibagi dua kelas yang hanya disekat dengan papan tulis yang juga rusak dan bolong. MDA ini membutuhkan ruangan atau tempat lain untuk anakanak belajar latihan azan, hafalan surah pendek, marhaban dan bermain. Solusi yang ditawarkan kepada Ibu Jumiati adalah pembangunan lantai bercor untuk tambahan ruangan latihan anak-anak karena anak-anak sering mengikuti perlombaan dan menang. Pemberian meja dan kursi serta pemberian papan tulis sehingga belajar menjadi lebih nyaman dan semangat. Pelaksanaan kegiatan dilakukan melalui pembangunan sarana belajar dalam bentuk pengecoran dan penyemenan lantai yang menjadi ruang terbuka agar anak-anak tetap dapat melanjutkan proses belajar lainnya seperti shalat berjamaah, belajar azan dan marhaban tanpa mengganggu yang sedang belajar mengaji. Selain itu juga memberikan bantuan peralatan belajar lainnya berupa papan tulis dan perlengkapannya, kursi dan meja belajar agar proses belajar lebih baik dan sering latihan sehingga kemampuan anak dapat ditingkatkan untuk memenangkan lomba-lomba antar kecamatan jika memungkinkan antar kabupaten dan sampai ke propinsi. Dan juga pelatihan pembuatan Rencana Anggaran Biaya Pembangunan Sarana dan Prasarana Madrasah sehingga di masa yang akan datang pihak madrasah dapat membuat Propsal Pembangunan Sarana dan Prasarana serta RABnya lebih baik lagi.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.