STRATEGI MAKSIMALISASI USAHA GOODY BAG STYLISH DI KELURAHAN PADANG BULAN SELAYANG II KECAMATAN MEDAN SELAYANG KOTA MEDAN

Marlya Fatira AK, - Mariahati, Rehulina Bangun

Abstract


Peluang bisnis Goody Bag semakin menjanjikan seiring gaya hidup masyarakat yang samakin trendy dan ingin terkini. Minat yang tinggi terhadap trend penggunaan tas cantik dan stylish untuk berbagai kegiatan seperti acara pernikahan, seminar, ulang tahun, kebutuhan membawa bekal atau perkakas ke kantor dan sekolah. Peluang usaha ini yang kemudian dikelola oleh Ibu Endes yang memiliki usaha Goody Bag Stylish dengan nama Darinurani Handmade. Permasalahan yang dihadapi adalah pada bagian produksi, khususnya karena keterbatasan sarana berupa alat produksi Mesin. Darinurani Handmade belum memiliki mesin jahit besar. Ketiadaan mesin jahit besar menyebabkan setiap kegiatan menjahit terpaksa diupahkan, keadaan ini menjadikan biaya produksi meningkat dan mengurangi keuntungan yang diperoleh. Selain itu masalah yang dihadapi oleh Darinurani Handmade adalah tidak adanya pencatatan laporan keuangan terhadap hasil usaha sehingga hasil usaha masih bercampur dengan kebutuhan rumah. Ketidaktersediaan daftar produk dengan gambar dan harga produk juga menghambat dalam strategi penjualan karena saat pelanggan akan memesan barang kesulitan untuk menemukan contoh produk yang tersedia. Guna membantu meberikan solusi bagi mitra maka kegiatan pengabdian kepada masyarakat dilakukan dengan metode berupa pengumpulan data/informasi tentang calon mitra melalui survey dan wawancara kepada Ibu Endes pemilik Darinurani Handmade, kemudian informasi/data tersebut dianalisis secara deskriptif, dilakukan implementasi dan evaluasi program. Melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat menghasilkan keberhasilan mitra mengatasi masalah yang dihadapinya, yaitu biaya operasional untuk memproduksi Goody Bag menjadi lebih economis dan lebih murah karena telah ada mesin jahit besar, pencatatan laporan keuangan sudah mulai dilakukan secara sederhana dengan penerapan hasil pelatihan, strategi pemasaran dengan memiliki album produk, harga dan gambar menjadikan pembeli lebih mudah untuk memensan barang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.