PENINGKATKAN PENGETAHUAN GIZI SEIMBANG PADA SISWA MTS NEGERI 2 JEMBER DENGAN METODE EMOTIONAL DEMONSTRATION (EMO-DEMO)

Dhuha Itsnanisa Adi, Nur Fitri Widya Astuti, Farida Wahyu Ningtyas, Nurul Musthofa Zaeni, Tiara Nurfaradila

Abstract


Usia remaja merupakan usia yang rentan mengalami permasalahan gizi. Remaja yang memiliki Indeks Massa Tubuh (IMT) kurang dari 18,5 di Indonesia sebanyak 8,7% sedangkan yang lebih dari batas normal sebanyak 16%. Permasalahan gizi ini disebabkan karena perilaku atau gaya hidup remaja yang dapat dirubah. Cara untuk meningkatkan pengetahuan remaja dengan pemberian atau penyuluhan gizi seimbang. Salah satu metode penyuluhan atau edukasi ialah dengan metode EmoDemo. Dengan menggunakan metode ini diharapkan para remaja dapat memahami mengenai gizi seimbang dan dapat menerapkan perilaku hidup sehat. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan agar remaja belajar untuk lebih paham masalahnya, mengetahui gizi seimbang dan berperilaku sehat. Sasaran kegiatan adalahsiswa kelas IX MTS Negeri 2 Jember sebanyak 20 siswa. Metode kegiatan yang dilakukan adalah melakukan edukasi dengan metode Emo-Demo dengan 3 sesi mulai dari sesi pertama pre test, sesi kedua permainan Emo-Demo, dan sesi ketiga post test. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan yang baik pada peserta karena terdapat kenaikan rata-rata dari 61% menjadi 75%. Peningkatan pengetahuan mengenai makanan yang bergizi melalui kegiatan Emo-Demo berarti telah mencapai kriteria evaluasi. Kesimpulan dari kegiatan ini adalah metode Emo-Demo mampu meningkatkan pengetahuan siswa mengenai gizi seimbang.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.