PENILAIAN DAN EDUKASI INTERPRETASI STATUS GIZI ANAK USIA DINI DI TK KUSUMA MULYA IV KOTA KEDIRI

Nining Tyas Triatmaja, Dianti Ias Oktaviasari, Ana Nur Filiya, Arya Ulilalbab, Oktovina Rizky Indrasari, Yoanita Indra Kumala D

Abstract


Masalah gizi, baik masalah gizi kurang maupun lebih pada anak usia dini atau prasekolah masih menjadi masalah kesehatan prioritas di Indonesia. Tingginya masalah gizi pada balita membutuhkan penanganan yang khusus karena masalah gizi pada balita dapat menyebabkan masalah kesehatan di kemudian hari. Penilaian dan monitoring status gizi secara dini perlu dilakukan untuk melakukan antisipasi munculnya masalah gizi. Edukasi penilaian dan interpretasi status gizi anak usia dini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru dan orang tua dalam pemantauan status gizi anak. Bentuk kegiatan yang dilakukan dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah penilaian dan edukasi terkait interpretasi status gizi anak. Kegiatan ini dilakukan di TK Kusuma Mulya, Kota Kediri. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini terdiri atas 53 siswa dan 9 orang guru, Hasil yang diperoleh adalah sebagaian besar siswa mempunyai status gizi dalam kategori normal. Terdapat perubahan pengetahuan dan kemampuan guru terkait tata cara pengukuran indicator pertumbuhan anak dan interpretasi status gizi anak. Saran yang dapat diberikan adalah Sebaiknya dilakukan edukasi kepada orang tua terkait pengukuran berat badan dan tinggi badan serta interpretasi status gizi anak usia dini. Pemantauan status gizi anak juga perlu dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.