PENILAIAN DAN EDUKASI INTERPRETASI STATUS GIZI ANAK USIA DINI DI TK KEMALA BHAYANGKARI 41 KOTA KEDIRI

Ana Nur Filiya, Nining Tyas Triatmaja, Arya Ulilalbab, Oktovina Rizky Indrasari, Yoanita Indra Kumala Dewi, Dianti Ias Oktaviasari

Abstract


Latar belakang: Masalah gizi pada anak usia dini atau prasekolah masih menjadi prioritas masalah Kesehatan di Indonesia. Masalah gizi pada balita membutuhkan penanganan khusus karena dapat menyebabkan masalah Kesehatan di kemudian hari. Penilaian dan monitoring status gizi secara dini perlu dilakukan untuk mengantisipasi munculnya masalah gizi. Tujuan: Edukasi penilaian dan interpretasi status gizi anak usia dini perlu dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan guru TK dan orang tua dalam pemantauan status gizi anak. Metode: Bentuk kegiatan yang dilakukan dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini adalah penyuluhan menggunakan alat bantu penilaian dan edukasi terkait interpretasi status gizi anak. Kegiatan ini dilakukan di TK Kemala Bhayangkari 41 Kota Kediri. Hasil Pengabdian: sebagian besar siswa mempunyai status gizi dalam kategori normal dan terdapat 1 siswa yang kategori gemuk. Terdapat perubahan pengetahuan dan kemampuan guru terkait tata cara pengukuran, indicator pertumbuhan anak dan interpretasi status gizi anak. Semula semua guru tidak mengetahui indicator dan interpretasi pengukuran lingkar lengan dan lingkar kepala. Kesimpulan: Terdapat peningkatan pengetahuan dan kemampuan guru dalam mengukur, menentukan indicator, dan interpretasi hasil pengukura berat badan, tinggi badan, lingkar lengan, dan lingkar kepala. Saran: sebaiknya dilakukan edukasi kepada orang tua terkait pengukuran berat badan dan tinggi badan serta interpretasi status gizi anak usia dini. Pemantauan status gizi anak juga perlu dilakukan secara kontinu dan berkelanjutan.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.