Edukasi Pedoman Gizi Seimbang Dan Implementasi “Isi Piring Makan Ku” Untuk Mencapai Generasi Emas Berkarakter Dan Berbudaya Pada Siswa/I SDN Pagesangan 426

Authors

  • Alief Ayu Purwitasari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Arkha Rosyaria Badrus Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Miftahul Khairoh Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Kholifatul Ummah Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya
  • Rakhmalia Imeldawati Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Dr.Soetomo Surabaya

Abstract

Gizi  seimbang  merupakan  faktor  penting  dalam  mendukung  pertumbuhan  dan    perkembangan optimal  anak, terutama pada  usia  sekolah  dasar.  Pada  tahap  ini, anak mengalami  pertumbuhan fisik  yang  cepat  dan  perkembangan kognitif  yang signifikan, sehingga memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Namun, banyak anak usia   sekolah  dasar   yang  masih  menghadapi masalah  gizi  kurang  maupun  gizi lebih. Edukasi gizi seimbang dan implementasi konsep "Isi Piring Makan Ku" pada siswa sekolah dasar memiliki peran krusial untuk   meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak mengenai pentingnya pola makan sehat. Kegiatan    pengabdian    ini    bertujuan untuk     meningkatkan     pengetahuan     dan kesadaran   tentang   pentingnya   gizi   seimbang   di kalangan   anak   sekolah   dasar.   Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan konsep gizi seimbang, mengenalkan berbagai  jenis  makanan  sehat,  serta  mendorong  penerapan pola  makan  sehat  di  kalangan siswa. Metode   yang   digunakan   meliputi   penyampaian   materi melalui    ceramah, penggunaan   alat   bantu   visual   seperti   poster   dan   video   animasi,   serta aktivitas   praktek langsung   seperti   permainan   edukatif   dan   demonstrasi   penyusunan   menu sehat.  Evaluasi dilakukan  menggunakan  pre-test  dan  post-test  untuk  mengukur  peningkatan pengetahuan  siswa sebelum  dan setelah edukasi. Setelah pemberian   edukasi    gizi   seimbang menunjukkan  peningkatan  signifikan  dalam pengetahuan siswa tentang pentingnya gizi seimbang. Selain peningkatan    pengetahuan,    observasi    juga   menunjukkan    adanya    perubahan    sikap dan perilaku  siswa  terhadap  pola  makan  sehat,  dengan  lebih  banyak  siswa  yang  mampu mengenali dan memilih makanan sehat setelah edukasi.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles