Edukasi Pedoman Gizi Seimbang Dan Implementasi “Isi Piring Makan Ku” Untuk Mencapai Generasi Emas Berkarakter Dan Berbudaya Pada Siswa/I SDN Pagesangan 426
Abstract
Gizi seimbang merupakan faktor penting dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan optimal anak, terutama pada usia sekolah dasar. Pada tahap ini, anak mengalami pertumbuhan fisik yang cepat dan perkembangan kognitif yang signifikan, sehingga memerlukan asupan nutrisi yang cukup dan seimbang. Namun, banyak anak usia sekolah dasar yang masih menghadapi masalah gizi kurang maupun gizi lebih. Edukasi gizi seimbang dan implementasi konsep "Isi Piring Makan Ku" pada siswa sekolah dasar memiliki peran krusial untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran anak mengenai pentingnya pola makan sehat. Kegiatan pengabdian ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pentingnya gizi seimbang di kalangan anak sekolah dasar. Tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk memperkenalkan konsep gizi seimbang, mengenalkan berbagai jenis makanan sehat, serta mendorong penerapan pola makan sehat di kalangan siswa. Metode yang digunakan meliputi penyampaian materi melalui ceramah, penggunaan alat bantu visual seperti poster dan video animasi, serta aktivitas praktek langsung seperti permainan edukatif dan demonstrasi penyusunan menu sehat. Evaluasi dilakukan menggunakan pre-test dan post-test untuk mengukur peningkatan pengetahuan siswa sebelum dan setelah edukasi. Setelah pemberian edukasi gizi seimbang menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan siswa tentang pentingnya gizi seimbang. Selain peningkatan pengetahuan, observasi juga menunjukkan adanya perubahan sikap dan perilaku siswa terhadap pola makan sehat, dengan lebih banyak siswa yang mampu mengenali dan memilih makanan sehat setelah edukasi.