INTEGRASI METODE SQUASH DAN PENGAMATAN FASE PEMBELAHAN SEL UNTUK PEMBELAJARAN BIOLOGI DI MAN 2 KOTA KEDIRI

Authors

  • Nurul Istiqomah Prodi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi, IIK BHAKTA Kediri
  • Muh. Shofi Prodi D3 Farmasi, Fakultas Farmasi, IIK BHAKTA Kediri
  • Novia Agustina

Abstract

Biologi merupakan salah satu mata pelajaran biologi yang ada pada kurikulum IPA pada tingkat menengah. Materi yang disampaikan pada kegiatan pengabdian ini meliputi teori dasar pembelahan sel, tahapan mitosis, serta metode pejetan squash menggunakan ujung akar bawang merah (Allium cepa L.) sebagai objek pengamatan. Selain itu, siswa diajak untuk mengidentifikasi dan menginterpretasikan pembelahan sel dan tahapannya dari hasil pengamatan mikroskopis. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa dan siswi MAN 2 Kota Kediri mengenai pembelahan sel dan analisis tahapan pembelahannya melalui metode praktikum berbasis observasi langsung. Metode pelaksanaan kegiatan melibatkan penyampaian teori melalui ceramah interaktif, demonstrasi praktikum, dan pendampingan siswa dalam melakukan pengamatan secara mandiri. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa siswa mampu memahami tahapan pembelahan sel dengan baik pada sel bawang merah. Penggunaan metode squash dipilih karena kesederhanaannya, biaya yang terjangkau, dan kemampuannya untuk memberikan hasil visual yang jelas. Respon siswa terhadap kegiatan ini sangat positif, dengan sebagian besar merasa antusias dalam mempelajari topik yang sebelumnya dianggap sulit. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi model pembelajaran kontekstual yang dapat diterapkan di sekolah-sekolah lain, sekaligus memperkuat keterampilan praktikum siswa dalam bidang biologi.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles