LOKAKARYA PENYUSUNAN BAHAN AJAR GAMIFICATION DAN KEARIFAN LOKAL BAGI GURU UNTUK MENINGKATKAN LITERASI NUMERASI SISWA

Authors

  • Feriyanto Pendidikan Matematika, Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit
  • Soffa Zahara Informatika, Teknik, Universitas Islam Majapahit
  • Taswirul Afkar Pendidikan Bahasa Indonesia, keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit
  • Oktavia Istiqomah Pendidikan Matematika, Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit
  • Miftakhus Sholikha Pendidikan Matematika, Keguruan dan ilmu Pendidikan, Universitas Islam Majapahit
  • Agil Aryanusa Informatika, Teknik, Universitas Islam Majapahit

Abstract

Berdasarkan laporan Rapor Pendidikan, kemampuan literasi dan numerasi siswa di SMPN 1 Gedeg tergolong baik, dengan sebagian besar siswa telah mencapai kompetensi minimum, namun beberapa akar masalah yang perlu ditangani, yaitu metode pembelajaran dan penerapan praktik inovatif. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) ini dilakukan di SMPN 1 Gedeg, Mojokerto, untuk mengatasi tantangan dalam pengembangan bahan ajar inovatif berbasis gamifikasi dan kearifan lokal. Tujuan dari kegiatan ini adalah membantu guru dalam menyusun bahan ajar digital yang dapat meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Pelaksanaan kegiatan terbagi menjadi tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap persiapan mencakup sosialisasi, analisis kebutuhan, dan penyusunan modul pelatihan. Pelatihan melibatkan 52 guru dari sekolah mitra dan imbas, yang dilaksanakan melalui lokakarya dan praktik langsung. Evaluasi dilakukan melalui pretest, posttest, dan angket respon. Hasil menunjukkan peningkatan signifikan dalam pengetahuan peserta, dengan rata-rata peningkatan nilai sebesar 74,42% berdasarkan post-test. Sebanyak 32 bahan ajar berbasis gamifikasi berhasil dikembangkan dengan tingkat produktivitas 71,11%. Respon peserta terhadap kegiatan sangat positif, dengan rata-rata penilaian 4,74 dari skala 5.

Downloads

Published

2025-04-30

Issue

Section

Articles